12 April, 2009

Keindahan Bawah Laut Bunaken

bunaken.JPG


Bunaken! Pasti udah tau dong? Nama Bunaken sendiri adalah nama sebuah pulau seluas 8,08 km2 di Teluk Manado, Sulawesi, Indonesia. Perjalanan ke Pulau ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Pelabuhan di Manado. Nah disinilah terdapatnya taman laut yang terkenal itu.

Ah rasanya ketika menginjakkan kaki di tempat ini, udah ga sabar buat snorkeling dan diving. Ternyata banyak juga orang disana yang sedang menikmati keindahan bawah laut. Bukan itu saja, banyak juga yang menyewa speedboat, yacht, kapal kayu. Watersport juga ada. Seru!

Snorkeling kayanya asik juga. Dengan bayar 100rb, saya udah bisa melihat keindahan alam bawah laut, plus dikasih perlengkapan snorkling lengkap. Harga ini termasuk naik kapal kayu motor dari Bunaken ke lokasi. Pemandu membawa kami semua, ke spot-spot yang bagus keindahan dasar lautnya. Hmm sambil melihat kekayaan dasar laut, saya bisa melihat orang-orang yang sedang scubadiving. Asik banget... nanti mau coba juga ah!

Ternyata taman laut ini memang indah. Terumbu-terumbu karangnya beragam, berwarna-warni. Hmm dalam keheningan, tetap bisa merasakan warna cerah yang terajut dalam lekuk-lekuk karang dan koral. Menyentuh ikan-ikan yang sedang bermain-main, rasanya ikut merasakan bebasnya bergerak kesana kemari. Lucu waktu melihat atraksi ikan-ikan badut yang saling kejar, dan saling bersembunyi. Jadi ingetin sama film India hehe. Wah ada kuda laut juga, bergerak mengikut arus. Sensasi ketika melihat alam bawah laut memang gila. Rasanya, saya sudah mulai kecanduan.

Bisa lupa waktu nih kalau terus ada disini. Yup ternyata memang benar, saya lupa waktu. Air yang agak hangat di Bunaken bisa membuat semua orang lupa waktu hehe. Seneng banget, karena saya pergi pada saat cuaca baik dan cerah. Dengar dari pemandu sih, tingkat kejernihan air laut tidak dapat di tebak, karena memang tergantung pada situasi cuaca. Waktu yang paling baik untuk menyelam adalah pagi sampai sore hari selama musim kemarau (Mei - Oktober).

Ga sulit kok menggapai Bunaken. Dari Pelabuhan Marina, Manado kita bisa Carter kapal wisata Rp750.000, waktu tempuhnya selama sekitar 1 jam. Kapal berkapasitas 15 orang ini dilengkapi pelampung, tempat duduk, dan dua kaca berbentuk aquarium untuk melihat terumbu karang dan ikan hias dari atas kapal.

Tidak ada komentar: